Sat. Jul 11th, 2020

WWW.INDOPOPULAR.COM

Program Vaksin Covid-19 Butuh Dana Rp425 Triliun

1 min read
program-vaksin-covid-19-butuh-dana-rp425-triliun

Indopopular- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Jumat (26/6) Pengembangan global Meningkatkan pengembangan dan produksi tes Covid-19. Membutuhkan dana lebih dari US $ 30 miliar (Rp425,7 triliun, kurs US $ 1 = Rp14.191) tahun depan.

WHO menjelaskan rencana yang dibuat sekarang pada program yang dinamakan ACT (Access to Covid-19 Tools) Akselerator membutuhkan dana US $ 31,3 miliar.

“Ini adalah investasi yang layak dilakukan. Jika kita tidak bergerak sekarang, biaya dan kesulitan ekonomi akan semakin dalam ,: kata Ngozi Okonjo-Iweala, pembawa khusus ACT Akselerator dalam rapat virtual.

Menurut dia angka yang dikemukakan bisa dianggap terlalu besar, namun diakui tidak demikian bila dipikirkan alternatif. Kata dia jika miliaran dikeluarkan sekarang bisa meminjam triliunan pada masa depan.

Dana yang disetujui dapat dialihkan 500 juta tes dan 245 juta program untuk negara-berpenghasilan rendah dan menengah pada tingkat 2021.

Selain itu, dua miliar vaksin pada akhir 2021 yang setengahnya untuk negara-berpenghasilan rendah dan menengah.

“Jelas untuk mengendalikan Covid-19, dan menyelamatkannyawa, kita perlu vaksin yang efektif. Diagnosa, terapi, dalam jumlah yang belum pernah terjadi dan kecepatan yang belum pernah dilakukan,” ucap Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *