Sat. Jul 11th, 2020

WWW.INDOPOPULAR.COM

Menggiurkan, Bisnis Ikan Cupang Raih Cuan Puluhan Juta Rupiah

2 min read
Menggiurkan, Bisnis Ikan Cupang Raih Cuan Puluhan Juta Rupiah

IndoPopular – Dengan hanya memanfatkan pekarangan belakang rumahnya, Nurhadi warga Natar, Lampung Selatan mampu menghasilkan omzet puluhan juta rupiah dari hasil budidaya ikan cupang hias. Warna-warni ikan lucu ini kian banyak digemari warga dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Menggiurkan, Bisnis Ikan Cupang Raih Cuan Puluhan Juta Rupiah

Sudah sejak tahun 2014, Nurhadi warga Dusun Banjar Rejo, Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Lampung Selatan ini menekuni usahanya dengan melakukan budidaya ikan cupang hias. Berbagai jenis ikan cupang miliknya ini bahkan mampu dipasarkan hingga ke luar negeri dan memiliki nilai omzet hingga puluhan juta rupiah.

“Hasilnya pun juga cukup menggiurkan, tidak saja diminati pasar lokal hasil budi daya ikan cupang hias ini juga diakui tembus pasar internasional,” kata Nurhadi.

Setidaknya ada 9.000 ikan cupang hias dari tiga jenis yang berhasil dikembangbiakannya. Mulai dari jenis galaksi multi colour, galaksi animo dan galaksi avatar. Usaha budidaya ini dilakukan Nurhadi hanya dengan memanfaatkan lahan pekarangan belakang rumah dengan luas 900 meter persegi.

“Biasanya ikan-ikan cupang hias ini dijual mulai dari kisaran harga Rp40.000 hingga Rp250.000 dua ratus lima puluh ribu rupiah per ekornya. Ikan cupang hias hasil budidayanya ini juga biasa dijual dengan jumlah yang banyak,” ujarnya.

Meski sederhana proses budidaya ikan cupang ini juga diakui cukup unik, proses budidaya dilakukan dengan cara menggabungkan ikan cupang hias indukan jantan dan betina dalam satu wadah atau aquarium namun terpisah dengan sekat, setelah tiga hari kemudian digabungkan untuk bereproduksi.

Perawatan ikan cupang ini juga juga tergolong mudah cukup dengan kebersihan air dan tempat serta memberikan cukup makanan jenis pur dan dan diselingi pemberian makanan cacing sutra dua hari sekali.

Biasanya mulai dari pembibitan hingga panen memerlukan waktu sampai empat bulan. Dalam sekali panen nurhadi mampu meraih keuntungan sekitar Rp20 juta hingga Rp40 juta per bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *